SURVEYOR BATAM

Beranda » Uncategorized » Pintar Mengatur Belanja Rumah Tangga

Pintar Mengatur Belanja Rumah Tangga

Juni 2013
M S S R K J S
« Jun   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

Kategori

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 514 pengikut lainnya

Photo proyek

Station..

Kingfisher (Alcedo atthis)

Supermoon setting

Lebih Banyak Foto

SmileIstri yang baik adalah istri yang pintar mengatur belanja rumah tangga. Bagaimana keterampilannya dalam meng-anggarkan tiap pengeluaran dan keperluan yang dibutuhkannya, sehingga nafkah uang yang diberikan suami bisa mencukupi dan sesuai dengan harapan suami.

Namun, banyak istri yang dibuat bingung dengan urusan ini. Ada yang berkata bahwa uang yang diberikan kurang banyak, anak anak susah diatur jajannya dan ada keluhan keluhan lain yang sering dilontarkan istri.

Namun, sebetulnya penyelesaian dari masalah ini sederhana saja, yaitu bagaimana agar kita pintar mengatur belanja rumah tangga, sehingga uang yang ada bisa mencukupi dan kalau bisa ada sisa untuk disimpan.

Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa cara dan trik pintar mengatur belanja rumah tangga, antara lain :
1. Ketahui beban anda tiap bulan dan kontrol pengeluarannya
Saat ini sudah banyak fasilitas kredit yang tersedia, mulai dari kredit kendaraan, kredit alat masak, furniture dan kredit produk lainnya. Sebaiknya anda jangan mudah tergiur dan terlalu terlena dengan penawaran kredit yang dating.

Sebaiknya anda ketahui beban tiap bulan yang harus anda tutupi, misalkan berapa tagihan listri yang harus dibayar tiap bulannya, berapa biaya belanja bulanan, berapa uang untuk jajan anak dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk kepentingan mendadak.

Jika hitungan itu ada di benak anda, maka anda akan menganggarkan uang yang diterima untuk menutupi beban yang ada terlebih dahulu, sebelum dipergunakan untuk hal lainnya. Selain itu kontrol pengeluaran yang anda pikir belum terlalu penting dan bisa ditunda.

2. Buat pos-pos anggaran
Sebelum menerima uang dari suami, sebaiknya anda bikin anggaran kemana pos-pos uang itu akan dipergunakan. Buat sebuah daftar yang berisi pos anggaran yang akan anda tutupi, misalkan : berapa jumlah untuk biaya makan, berapa jumlah untuk jajan anak, berapa jumlah biaya untuk membayar beban.

3. Pertimbangkan skala prioritas
Saat memegang uang, adalah saat dimana kita lupa apa yang sebetulnya kita butuhkan. Terlebih lagi jika kita sedang berada di kawasan perbelanjaan, mata dan hati kita akan tergerak untuk lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan.

Agar tidak terjadi hal seperti itu, maka persiapkan daftar kebutuhan saat pergi belanja, agar Anda memprioritaskan daftar yang anda buat itu, sebelum beralih ke barang lainnya.

4. Atur pola hidup yang baik
Berapapun gaji yang diterima, maka tetap saja tidak akan mencukupi kalau anda tidak bisa mengatur pola hidup anda. Jadi, kendalikan pola hidup anda dan atur agar apa yang dimiliki bisa cukup.

5. Utamakan yang utama
Dalam mengelola keuangan, yang harus dilakukan pertama kali adalah membayar beban dan utang utang, kalau ada sisa yang selanjutnya dilakukan adalah menabung.

Setelah dua hal itu dilakukan, yaitu membayar beban dan menabung, maka jika ada kemungkinan uang belanja anda habis, anda sudah punya simpanan pada tabungan anda. Jangan biasakan menabung di akhir, karena akan sulit.
Itulah beberapa cara pintar mengatur belanja rumah tangga. Semoga bermanfaat