SURVEYOR BATAM

Beranda » Uncategorized » Balita sering muntah

Balita sering muntah

Juli 2011
M S S R K J S
« Des   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

Kategori

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 514 pengikut lainnya

Photo proyek

Station..

Kingfisher (Alcedo atthis)

Supermoon setting

Lebih Banyak Foto

Satu ketika Irfan (3 tahun 10 bulan) muntah-muntah. Meski nafsu makannya masih normal, namun tiap 1-3 jam sekali muntah hingga mukanya pucat. Sebelumnya anak saya Hana ketika umur 5 tahun juga muntah. Alhamdulillah ketika diberi obat Primperan, muntahnya berhenti.

Ketika Buang Air Besar (BAB) cair dan bau. Jadi tentu isi perutnya ada yang tidak beres entah karena racun atau makanan yang berbumbu tajam (MSG, dsb) yang biasanya terdapat pada jajanan snack anak-anak atau mie instan. Oleh karena itulah tubuhnya bereaksi untuk mengeluarkan makanan yang ”tidak beres” itu.

Oleh karena itu, biarkanlah anak muntah 2-3 kali dulu agar kotoran/racun/virus dalam perutnya keluar. Setelah itu beri obat Primperan. Saya beri Irfan Primperan sirup sekitar ¾ sendok teh ketika Maghrib (sebelum makan). Alhamdulillah hingga esok pagi tidak muntah lagi.

Saya berikan juga Irfan minuman Isotonic Pocari Sweat botol sedang agar cairan di perutnya jadi tawar/netral. Harusnya sih diberi minum oralit. Namun Irfan tidak suka minum oralit meski ada yang rasa jeruk untuk anak kecil.

Namun agar aman, paginya saya beri minum Primperan lagi.. Alhamdulillah setelah itu muntahnya benar-benar sembuh.

Yang kita harus perhatikan adalah jajanan anak-anak yang kerap berbumbu tajam dan mengandung MSG seperti snack yang sering diiklankan di TV atau Mie Instan. Meski terbuat dari kentang, jagung, dan sebagainya, namun bumbu yang dipakai agar gurih dan disukai anak-anak itu sering mengandung MSG, perasa buatan, pewarna buatan, dan juga pengawet. Itu semua adalah zat-zat kimia yang sering berbahaya bagi anak-anak.

Departemen Kesehatan harusnya memeriksa dampak jajanan anak bagi kesehatan anak-anak khususnya Balita karena jajanan yang tidak sehat bukan hanya bisa membuat anak sakit, tapi juga ke rumah sakit dan bahkan ke liang kubur!

 

Catatan:

Tulisan ini bukan iklan obat Primperan. Tulisan ini dibuat tanpa sepengetahuan Primperan dan sepeser pun tak ada uang dari Primperan yang masuk saat ini. Mau coba obat/cara lain silahkan

Posted on Januari 23, 2009 by A Nizami